Menciptakan Suasana Belajar yang Nyaman Sebagai Semangat Belajar pada Siswa SDN 011 Pulau Kedundung
DOI:
https://doi.org/10.31258/jruce.5.2.131-135Keywords:
Sekolah dasar, Belajar, Semangat belajar, Desa Pulau KedundungAbstract
Suasana belajar yang nyaman mempunyai peranan yang sangat penting dalam memotivasi siswa sekolah dasar untuk semangat belajar. Artikel ini membahas tentang pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, aman, dan nyaman bagi siswa. Melalui pendekatan interaktif dan inklusif, artikel ini mengulas berbagai strategi yang dapat digunakan guru dan sekolah untuk menciptakan suasana pembelajaran yang positif. Hal ini mencakup penggunaan metode pengajaran yang inovatif, peran aktif guru dalam membangun hubungan positif dengan siswa, dan menciptakan lingkungan fisik yang mendukung pembelajaran. Artikel ini juga menyoroti dampak positif suasana belajar yang nyaman terhadap motivasi siswa, keterlibatan dalam belajar, dan prestasi akademik mereka. Selain itu dibahas juga bagaimana kerja sama antara guru, orang tua, dan siswa dapat memperkuat iklim positif tersebut. Dengan fokus pada pendidikan dasar, artikel ini memberikan wawasan dan panduan praktis bagi para pendidik dan pemangku kepentingan dalam menciptakan suasana pembelajaran yang mendukung semangat belajar siswa sekolah dasar. Terakhir, artikel ini menekankan bahwa investasi dalam menciptakan suasana belajar yang nyaman merupakan investasi untuk masa depan pendidikan yang lebih baik
Downloads
References
Masni, H. (2017). Peran pola asuh demokratis orangtua terhadap pengembangan potensi diri dan kreativitas siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1): 58-74.
Sanjaya, W. (2009). Stategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aura Salsabila, Lega Oktari Pulko, Tri Rahmawati, Aulia Hanifah, Wiyoke Ananda Rsiya, Rinda Ayu Natasya, Abel Tiana Dista, Dwi Ariani, Anggy Pangiano, Cepriadi Cepriadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.