Pemanfaatan Aplikasi Canva dalam Membantu Pengembangan UMKM Anggota PKK Desa Keritang

Authors

  • Wahyu Hamidi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Riau, Pekanbaru Author
  • Rafif Varindra 1Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Riau, Pekanbaru Author
  • Unggul Dwi Anugrah Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau, Pekanbaru Author
  • Kelvin Oktariza Toni Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Riau, Pekanbaru Author
  • Harlen Hadi Wardana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Riau, Pekanbaru Author
  • Kurnila Mildariah Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau, Pekanbaru Author
  • Sri Wahyuni Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Pekanbaru Author
  • Edistin Sayandini Hutajulu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Pekanbaru Author
  • Anggi Saputra Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau, Pekanbaru Author
  • Nabila Nurrahma Rinda Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau, Pekanbaru Author
  • Elisa Ompusunggu4 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau, Pekanbaru Author

DOI:

https://doi.org/10.31258/

Keywords:

Canva, Desain, Persuasif

Abstract

Sosialisasi pemanfaatan aplikasi canva untuk membantu mengembangkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bertujuan untuk mengetahui kemampuan keterampilan dan kreativitas ibu-ibu PKK dalam menggunakan aplikasi canva untuk mengembangkan UMKM. Pelatihan ini menggunakan metode persuasif yaitu dengan cara mempresentasikan mengenai berbagai aspek fitur-fitur dari aplikasi canva, aplikasi canva adalah aplikasi desain yang mudah dan praktis. Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal Juli - Agustus 2024. Sebanyak 66 ibu PKK yang mengikuti pelatihan ini yang masing-masing memiliki smartphone dan satu akun canva. Setiap masing- masing ibu PPK diminta untuk mendesain brosur produk UMKM yang disediakan. Hasil akhir menunjukkan peningkatan dan kemampuan kreatifitas ibu PKK dalam bidang desain dan editing pada aplikasi canva.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Endra, R.Y., Redaputri, A.P., Dunan, H., Aprinisa., Syahputra, M.B., & Handayani, A. (2024). Pelatihan design dengan Canva untuk UMKM sebagai sarana promosi produk di Desa Ganjar Asri Metro. Jurnal Pengabdian UMKM, 32-38.

Jannah, F.N.M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan aplikasi Canva dalam media pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1): 138-146.

Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran Canva dalam meningkatkan kompetensi guru. Jurnal Seminar Nasional Pengabdian, 1086-1092.

Sholeh, M., Rachmawati, R.Y., & Susanti, E. (2020). Penggunaan aplikasi Canva untuk membuat konten gambar pada media sosial sebagai upaya mempromosikan hasil produk UKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 430-435.

Sholeh, M., Suraya., & Rachmawati, Rr.Y. (2023). Penggunaan aplikasi Canva sebagai desain konten promosi bagi pelaku UMKM. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 107-113.

Zaman, B., Pungksanti, P.T., & Handayani, S. (2022). Peningkatan kemampuan pembuatan materi iklan produk UMKM Desa Truko Kendal menggunakan Canva. Jurnal Tematik, 228-236.

Downloads

Published

2024-10-01

Issue

Section

Articles