Pemberdayaan Petani Budidaya Ikan di Desa Sungai Paku Kabupaten Kampar Melalui Alih Teknologi Pengolahan Makanan Jajanan Berbasis Sagu dan Ikan Sebagai Usaha Rumahan

Authors

  • Dewita Dewita Universitas Riau
  • Andarini Diharmi Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau
  • Rahman Karnila Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau
  • Sukendi Sukendi Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau

Keywords:

Pemberdayaan, Makanan jajanan berbasis sagu dan ikan, usaha rumahan

Abstract

Salah satu desa potensial sebagai desa pengembangan di kabupaten Kampar Riau adalah Desa Sungai Paku kecamatan Kampar Kiri, merupakan salah satu desa pengembangan di kabupaten Kampar Riau. Di desa Sungai Paku banyak terdapat usaha budidaya ikan di kolam, khususnya ikan patin. Komoditas ikan dan lainnya seperti sagu merupakan komoditas utama, yang termasuk komoditas unggulan daerah berbasis system inovasi daerah (SIDa) Riau. Maka dari itu pengembangan produk makanan jajajan difokuskan pada bahan baku berbasis sagu dan ikan. Kolaborasi produk jajanan berbasis sagu dan ikan dari  hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa mie sagu yang difortifikasi dengan hasil perikanan mengalami peningkatan nilai gizi protein (dari 0,3% menjadi 5,75%), demikian juga dengan produk jajanan lainnya  seperti bakso dan snack ikan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan alih teknologi pengolahan makanan jajanan dan memberdayakan kaum wanita dari keluarga pembudidaya ikan membuka usaha rumahan makanan jajanan yang banyak diminati masyarakat di daerah tersebut seperti mie sagu ikan, bakso ikan dan snack ikan. Metode penerapan yang digunakan adalah metode survei partisipatif, ceramah, diskusi, praktik langsung, observasi, pendampingan dan evaluasi. Luaran kegiatan adalah : i) Meningkatnya keterampilan  peserta dari kelompok mitra tentang pengolahan makanan jajanan berbasis sagu dan ikan (snack , mie  dan bako sagu ikan), dan ii) Memberikan solusi pada  mitra  untuk memulai usaha rumahan produk jajanan berbasis sagu dan ikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewita dan Syahrul. (2011). Kajian Diversifikasi Ikan Patin dalam Bentuk Konsentrat Protein Ikan dan Aplikasinya pada Produk Makanan Jajanan untuk menanggulangi Gizi buruk pada Anak Balita di Kabupaten Kampar. Prosiding Seminar Antar bangsa Ke-4 Ekologi, Habitat Manusia dan Perubahan Lingkungan UKM malaysia.

Dewita, Syahrul dan Desmelati. (2014). Forifikasi Konsentrat Protein Ikan Patin Kaya asam Amino Esensial pada Pengolahan Mie Sagu Instan Sebagai Produk Unggulan Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti Riau. Jurnal Penelitian BERNAS, 9(2).

Dewita, Syahrul dan Desmelati. (2013). Optimalisasi Formula Aneka Mie Sagu Instan yang Difortikasi Konsentrat Ikan Patin Siam (Pangasius hypophthalmus) Sebagai Makanan Potensial Bergizi Tinggi. Jurnal Penelitian BERNAS, 8(2).

Irianto, K. (2007). Panduan Gizi Lengkap: Keluarga dan Olahragawan. Yogyakarta (ID): CV. Andi Offset

Downloads

Published

2021-11-02

How to Cite

Dewita, D., Diharmi, A., Karnila, R., & Sukendi, S. (2021). Pemberdayaan Petani Budidaya Ikan di Desa Sungai Paku Kabupaten Kampar Melalui Alih Teknologi Pengolahan Makanan Jajanan Berbasis Sagu dan Ikan Sebagai Usaha Rumahan. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 3(1), 1-4. Retrieved from https://jruce.ejournal.unri.ac.id/index.php/jruce/article/view/24