“Dendeng Healthy” Olahan Vegetarian Daun Singkong oleh Mahasiswa Kukerta Desa Lipatkain Selatan

Authors

  • Ahmad Alfaruqi Fakultas Kedokteran Universitas Riau
  • Akmal Taufiki Rahman Fakultas Kedokteran Universitas Riau
  • Azzahra Dwi Alni Fakultas Kedokteran Universitas Riau
  • Dina Indika Amalia Fakultas Kedokteran Universitas Riau
  • Ellara Dwi Junia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Riau
  • Guntur haryo Imran Fadillah Fakultas Kedokteran Universitas Riau
  • Indah Putri Arwandi Fakultas Kedokteran Universitas Riau
  • Lia Yurbi Fakultas Teknik Universitas Riau
  • Novera Mawaddah Khairani Fakultas Kedokteran Universitas Riau
  • Tri Susan Pradita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau

Keywords:

Vegetarian, daun singkong, nutrisi, dendeng sehat, sayur

Abstract

Vegetarian adalah istilah untuk orang yang makan sayur setiap hari. Orang vegetarian tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai jenis daging. Namun, kenikmatan dendeng sapi tetap bisa mereka rasakan dengan mengolah daun singkong menjadi dendeng dari sayuran sehat. Daun singkong (Manihot utilisssima) memiliki banyak kandungan gizi mulai dari mikro dan makro. Makronutrien dalam daun singkong antara lain karbohidrat, protein, dan serat. Zat gizi mikro yang terkandung dalam daun singkong adalah vitamin A, vitamin B1, vitamin C, fosfor, kalsium, zat besi, kalium, tembaga, seng, magnesium, dan mangan. Penderita hipertensi juga bisa mengonsumsi dendeng sehat ini karena kandungan nutrisi dalam daun singkong dapat mencegah naiknya tekanan darah tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah agar masyarakat mampu memahami cara membuat Dendeng Sehat. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, penulis mengumpulkan data dengan melakukan observasi langsung pada pembuatan dendeng sehat dari daun singkong. Hasil penelitian ini menemukan bahwa daun singkong dapat diolah menjadi dendeng yang sehat dan enak tanpa mengurangi khasiat dari daun singkong tersebut

Downloads

Download data is not yet available.

References

Askar, S. (1996). Daun Singkong dan Pemanfaatannya Terutama sebagai Pakan Tambahan. Wartazoa, Vol 5(1), 21–25.

Firdausni, F., & Anova, I. T. (2015). Pemanfaatan Daun Ubi Kayu Menjadi Dendeng Sebagai Makanan Alternatif Vegetarian Pengganti Protein. Jurnal Litbang Industri, 5(1), 61-69.

Karina Padmasuri. 2015. I am A Happy Vegetarian. Yogyakarta : OCTOPU Publish House.

Soemargono, S., Laksmono, R., & Suprianti, L. (2020). Jurnal Abdimas Teknik Kimia. Jurnal Abdimas Teknik Kimia, 01(1), 6–11.

Soetanto. 2001. Pengolahan Singkong. Jakarta: Balai Pustaka dan Media Wiyata.

Supratikno, H., (2004). ‘The development of SME Clusters in Indonesia’, dalam D. Hewand L.W. Nee (eds), Entrepreneurship and SMEs in Southeast Asia, ISEAS.

Suryati, T., Astawan, M., Lioe, H. N., Wresdiyati, T., & Usmiati, S. (2014). Nitrite residue and malonaldehyde reduction in dendeng - Indonesian dried meat - influenced by spices, curing methods and precooking preparation. Meat Science, 96(3), 1403–1408.

Downloads

Published

2021-11-02

How to Cite

Alfaruqi, A. ., Rahman, A. T., Alni, A. D., Amalia, D. I., Junia, E. D., Fadillah, G. haryo I., Arwandi, I. P., Yurbi, L., Khairani, N. M., & Pradita, T. S. (2021). “Dendeng Healthy” Olahan Vegetarian Daun Singkong oleh Mahasiswa Kukerta Desa Lipatkain Selatan. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 3(1), 14-20. Retrieved from https://jruce.ejournal.unri.ac.id/index.php/jruce/article/view/28