Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Kelompok Konservasi Laskar Mandiri dalam Pengolahan Buah dan Daun Mangrove Menjadi Beraneka Makanan di Desa Kayu Ara Permai Kecamatan Sungai Apit

Authors

  • Efriyeldi Efriyeldi Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Irvina Nurrachmi Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Musrifin Galib Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Ridwan Rafsyanjani Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Khairunnisa Khairunnisa Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Dinda Savita Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Ani Ani Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Siti Nur Sufaidah Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Raihan Zaki Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Muhammad Roif Alghani Universitas Riau
  • Betari Erlinda Prayitno Belukap Mangrove Club Ilmu Kelautan Universitas Riau
  • Lita Sari Belukap Mangrove Club Ilmu Kelautan Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/jruce.3.2.61-69

Keywords:

mangrove, buah Avicennia, buah Sonneratia, daun Acanthus, makanan dan minuman

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah  untuk meningkatkan nilai ekonomi kelompok konservasi Laskar Mandiri yang mengelola kawasan mangrove Sungai Bersejarah Permai melalui pemanfaatan buah mangrove yang ada sebagai bahan baku beraneka ragam kue dan sirup di  Desa Kayu Ara permai Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah ceramah, diskusi dan praktek tentang semua rangkaian pengolahan buah dan daun mangrove untuk menjadi beraneka kue dan sirup dengan melibatkan secara langsung semua tim pengabdian meliputi dosen, mahasiswa Belukap Mangrove Club dan mahasiswa kukerta UNRI tahun 2021. Untuk mengetahui pemahaman peserta terhadap materi yang disampaikan dilakukan evaluasi dengan meminta peserta mengisi  kuisioner sebelum dan setelah kegiatan dilakukan dan dibandingkan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa seluruh peserta mengikuti rangkaian kegiatan dengan baik dari awal sampai akhir. Peserta terlibat langsung dalam praktek membuat makanan dan minuman olahan buah mangrove. Peserta pengabdian dapat memahami tentang materi yang disampaikan dengan baik. Sebanyak 15% peserta sudah mengetahui bahwa buah pedada dapat diolah menjadi sirup, namun 100 % peserta belum pernah mengetahui bahwa buah api api dapat diolah menjadi berbagai makanan seperti bolu dan klepon, demikian juga halnya dengan mengolah daun jeruju menjadi keripik. Seluruh peserta (100 %) sebelum adanya pengabdian dilakukan belum ada yang melakukan pengolahan buah mangrove, baik buah api api, buah pedada maupun daun jeruju. Artinya seluruh peserta (100 %) baru melakukan pengolahan buah mangrove melalui kegiatan pengabdian ini. Kegiatan pengabdian ini telah berjalan dengan baik yang ditandai dengan seluruh peserta dapat melakukan pengolahan buah mangrove langsung di bawah arahan tim pengabdian menjadi beraneka kue.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dahuri, R., J. Rais, S.P. Ginting dan M.J. Sitepu. (2004). Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Lautan Secara Terpadu. Pradnya Paramitha, Jakarta.

Efriyeldi, J. Samiaji dan Elizal. (2020). Struktur komunitas vegetasi mangrove di Desa Sungai Kayu Ara Kecamatan Sungai Apit, Kab. Siak. Laporan Penelitian. Universitas Riau

Efriyeldi, E., Mulyadi, A., Samiaji, J., Nursyirwani, N., Elizal, E., dan Suanto, E. (2019). Peningkatan Nilai Ekonomi Ekosistem Mangrove melalui Pengolahan Buah Api-Api (Avicennia sp) sebagai Bahan Makanan di Desa Sungai Kayu Ara Kabupaten Siak. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 1(1), 1-8.

Febrianti, F. (2010). Kandungan Total Fenol, Komponen Bioaktif dan Aktivitas Antioksidan Buah Pedada (Sonneratia caseolaris). Bogor: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Jariyah., Sudaryanti., R. Yulistiani, dan Habibi. (2015). Ekstraksi Pektin Buah Pedada (Sonneratia caseolaris). Jurnal Rekapangan 9(1): 28-33

Kusmana,C., A. Suryani, Y. Hartati dan P. Oktadiyani. (2009). Pemanfaatan jenis pohon mangrove api-api (Avicennia spp.) sebagai bahan pangan dan Obat-obatan. IPB.

Kurniawan, A., Wulandari, S. Y., dan Supriyantini, E. (2012). Pengaruh Perebusan dengan Abu Sekam dan Waktu Perendaman Air terhadap Kadar HCN pada Buah Mangove Avicennia marina. Journal of Marine Research, 1(2), 80-87.

Majid, I., Al Muhdar, M.H.I., Rohman, F., dan Syamsuri, I. (2016). Konservasi hutan mangrove di pesisir pantai Kota Ternate terintegrasi dengan kurikulum sekolah. BIOEDUKASI, 4(2)

Manalu, R.D.E. (2011). Kadar Beberapa Vitamin Pada Buah Pedada (Sonneratia caseolaris) dan Hasil Olahannya. Departemen Teknologi Hasil Perairan. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Nontji, A. (1987). Laut Nusantara. Djambatan, Jakarta.

Prabowo, R.E. (2015). Peluang Bisnis Kuliner Buah Mangrove. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers Unisbank.

Priyono, A. (2010). Panduan praktir teknik rehabilitasi mangrove di kawasan pesisir Indonesia. KeSEMat, Semarang.

Rahmawaty, P., Zulkifli, N. Amaliah, H. Hermansyah, Y. Mulyani. (2018). Pengembangan Produk Olahan Buah Mangrove Jenis Api-Api (Avicennia spp) Kelompok Kreasi Mangrove Lestari Kelurahan Margomulyo Balikpapan.Jurnal Abdinus 1(2) : 118-125.

Santoso, N., C.M. Bayu., F.S. Ahmad dan F. Ida. (2005). Resep Makanan Berbahan Baku Mangrove dan Pemanfaatan Nipah. Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Mangrove. Jakarta.

Tomlinsom, P,B. (1986). The Botany of mangrove. Cambridge University Press. Cambridge.

Downloads

Published

2022-04-02

How to Cite

Efriyeldi, E., Nurrachmi, I., Galib, M., Rafsyanjani, R., Khairunnisa, K., Savita, D., Ani, A., Sufaidah, S. N., Zaki, R., Alghani, M. R., Prayitno, B. E., & Sari, L. (2022). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Kelompok Konservasi Laskar Mandiri dalam Pengolahan Buah dan Daun Mangrove Menjadi Beraneka Makanan di Desa Kayu Ara Permai Kecamatan Sungai Apit. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 3(2), 61-69. https://doi.org/10.31258/jruce.3.2.61-69

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)