Peningkatan Kemampuan Literasi, Kreativitas dan Pengetahuan Siswa SDN 005 Makmur Melalui Lomba Mading Bertema HUT-RI 77

Authors

  • Sumarto Sumarto Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Afifah Sri Lestari Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Anisa Suryani Panggabean Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Cahya Nila Sari Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Daniel Aliansyah Siahaan Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Evan Farell Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Ishmatullah Bahri Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Java Silvia Hermayeni Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Lioni Veronika Br. Simanjuntak Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Muhammad Nabiel Jaizna Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Wenny Mulana Mahasiswa Kukerta Universitas Riau

Keywords:

mading, SDN 005 Makmur, Literasi, Sastra

Abstract

Kesadaran akan rendahnya budaya literasi di Indonesia, bukan hanya terjadi belakangan ini terutama sejak tahun 2015 oleh PBB yang mencanangkan dekade literasi dalam Agenda Utama Pembangunan Masyarakat Global. Namun demikian, sejak hasil penelitian tersebut dan berbagai usaha keras dalam meningkatkan budaya membaca karya sastra oleh para sastrawan Indonesia, Indonesia belum benar-benar terbebas dari permasalahan tersebut. Pasalnya, sampai saat ini, minat membaca dan menulis siswa masih rendah. Kegiatan ini dilaksanakan pada 1 Agustus sampai 5 Agustus 2022 di Sekolah Dasar Negeri 005 Makmur merupakan sekolah negeri tingkat dasar yang terletak di Desa Makmur, Pangkalan Kerinci, Pelalawan, Riau. Tujuan kegiatan ini yaitu memberikan informasi dan pengetahuan kepada siswa siswi SDN 005 Makmur terkait ap aitu majalah dinding, bagaimana membuatnya dan memberikan contoh mading. Serta memberikan manfaat dalam memantik ketertarikan siswa siswi SDN 005 Makmur terhadap membaca dan memperluas pengetahuan siswa siswi SDN 005 Makmur. Pada SDN 005 Makmur, kami membuat lomba mading bertemakan HUT-RI 77 untuk memantik ketertarikan siswa siswi SDN 005 Makmur dalam membaca dan membuat media kreatif. Siswa Tertarik untuk Membuat Mading. Adapun didapati 3 juara dari kelas 4 dan 5 pada perlombaan ini dan mading para juara dipajang di mading sekolah agar mading yang sudah disediakan dapat terisi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arnelia, DY., & Chrisyarani, DD. (2020). Membudayakan Keterampilan Menulis pada Mading Kelas untuk Melatih Kreativitas Siswa. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 242–249. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i2.3834.

Jayanti, N.M.D.D. (2014). Pembinaan Ekstrakurikuler Majalah Dinding di SMP Negeri Se-Kecamatan Negara. e-Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1-12.

Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Yogyakarta: Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB.

Zubaidah, E., & Saptono, B. (2004). Pengelolaan Majalah Dinding Sekolah. Jurnal Ilmiah Guru Cope: Caraka Olah Pikir Edukatif, 8(1), 35-42

Downloads

Published

2023-04-17

How to Cite

Sumarto, S., Lestari, A. S., Panggabean, A. S., Sari, C. N., Siahaan, D. A., Farell, E. ., Bahri, I., Hermayeni, J. S. ., Br. Simanjuntak, L. V., Jaizna, M. N., & Wenny Mulana. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi, Kreativitas dan Pengetahuan Siswa SDN 005 Makmur Melalui Lomba Mading Bertema HUT-RI 77. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 4(2), 98-102. Retrieved from https://jruce.ejournal.unri.ac.id/index.php/jruce/article/view/44

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)