Pemberdayaan Pendidikan Masyarakat Kubang Jaya Era New Normal dengan Program Bimbingan Belajar

Authors

  • Afrizal Tanjung Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Melly Gusfi Fakultas Teknik Universitas Riau
  • Adelia Mustofa Fakultas Teknik Universitas Riau
  • Azyarah Afrilianti Fakultas Teknik Universitas Riau
  • Fiolla Aprilisty Fakultas Teknik Universitas Riau
  • Muhammad Luthfi Fakultas Teknik Universitas Riau
  • Sherina Br Limbong Fakultas Teknik Universitas Riau
  • Randa Pratama Zulfa Fakultas Teknik Universitas Riau
  • Bisma Panca Winata Fakultas Pertanian Universitas Riau
  • Jaya Adi Kusuma Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau
  • Nurul Amanda Faida Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/jruce.4.2.21-24

Keywords:

Bimbingan Belajar, Masyarakat Desa Kubang Jaya, Program Kerja

Abstract

Salah satu permasalahan yang ada di masyarakat Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar setelah wabah COVID 19 adalah kurangnya keefektifitasan dalam proses belajar. Salah satu program yang diterapkan di Desa Kubang Jaya adalah Bimbingan Belajar Masyarakat. Tujuan diadakannya program BIMBEL adalah :1) untuk menciptakan kembali semangat generasi muda akan pentingnya ilmu pengetahuan pada Era New normal; 2) untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, berkarakter, kreatif dan inovatif; 3) untuk mendorong dan memotivasi anak-anak agar semangat dalam belajar dan meraih prestasi. Hasil dari program BIMBEL ini adalah anak-anak antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Selain itu program BIMBEL ini juga dapat membantu siswa yang kesulitan dalam mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan saat kegiatan pembelajaran di sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Afrizal Tanjung, Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau

Universitas Riau

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H.N., Simamora, R.M., Fehabutar, D., Mutakinati, L. (2020). The impact of covid-19 to indonesian education and its relation to the philosophy of merdeka belajar. Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1): 38-49.

Mimbar, A.S., Suparso, A.K., Herdani, I.R., Setiawan, M.D.P., Ilham, M., Fauziah, S. (2021). Strategi Pemberdayaan Masyarakat melalui Bimbingan Belajar dan Pengajian Masa Pandemi di Puri Cendana RW 015. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(75), 165-180.

Nugroho, R.S. (2020). Corona: 421 Juta Pelajar di 39 Negara Belajar di Rumah, Kampus di Indonesia Kuliah Online. Retrieved August 29 2022

Perdana, P., Abdulrahman, E., Rahmalia, F. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Tentang Kesehatan, Pendidikan, dan Kreatifitas. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1): 19–25.

Uddin, F., Rudin, C.M., Sen, T. (2020). CRISPR Gene Therapy: Applications, Limitations, and Implications for the Future. Frontiers in Oncology, 10: 1-17

Vonderwell, S. (2003). An Examination of Asynchronous Communication Experiences and Perspectives of Students in an Online Course: A case study. Internet and Higher Education. 6 : 77 – 90

Downloads

Published

2023-04-04

How to Cite

Tanjung, A., Gusfi, M., Mustofa, A., Afrilianti, A., Aprilisty, F., Luthfi, M., Limbong, S. B., Zulfa, R. P., Winata, B. P. ., Kusuma, J. A., & Faida, N. A. (2023). Pemberdayaan Pendidikan Masyarakat Kubang Jaya Era New Normal dengan Program Bimbingan Belajar. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 4(2), 21-24. https://doi.org/10.31258/jruce.4.2.21-24

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)