Penerapan Teknologi Inovasi Produksi Bumbu Penyedap Rasa Berbasis Ikan Biang (Ilisha elongata) Pengganti MSG di UMKM Kube “Dian Lestari”

Authors

  • Sumarto Sumarto Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Arief Rahmatullah Fakultas Kedokteran Universitas Riau
  • Attahirah Wahyu Utami Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Eva Ade Rahmi Saragih Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau
  • Fajrivamukti Cahya Anjani Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Farhanida Agustina Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
  • Raju Raju Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Syabrina Adiguna Fakultas Kedokteran Universitas Riau
  • Syafira Diah Azzuhra Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau
  • Pameria Papuani Nari Fakultas Keperawatan, Universitas Riau
  • Noka Ima Amalia Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/jruce.4.2.47-50

Keywords:

UKM, Ikan Biang (Ilisha elongata) , Bumbu Masakan

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan sebuah bentuk intrakurikuler yang merupakan implementasi dari Universitas Riau untuk memberikan pengalaman bekerja dan belajar mahasiswa dalam pemberdayaan masyarakat. Kegiatan kuliah kerja nyata menjadi peluang bagi mahasiswa yang cerdas, kritis, inovatif, dan kreatif dalam mencarikan solusi, formulasi dan strategi yang tepat untuk berbagai permasalahan unit usaha desa/UKM. Penempatan lokasi mahasiswa KKN diarahkan pada desa yang memiliki potensi unggul tetapi masih minim skill masyarakat dalam pengelolaan hasil alamnya. Hal ini menjadi tantangan mahasiswa kuliah kerja nyata untuk mengubah potensi unggul desa yang ada bernilai ekonomis melalui program kerja pemberdayaan masyarakat yang akan didampingi langsung oleh beberapa Dosen Pembimbing Lapangan. Metode pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa KKN yaitu pendampingan kewirausahaan dengan melakukan kegiatan pengenalan bumbu berbahan dasar ikan biang dengan campuran beberapa komplemen untuk pembuatan bumbu masakan dengan cara dikeringkan kemudian di giling sampai halus setelah itu dicampurkan semua komplemennya sehingga menjadi bumbu masakan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewita, & Syahrul. (2014). Fortifikasi Konsentrat Protein Ikan Patin Siam Pada Produk Snack Amplang Dan Mi Sagu Instan Sebagai Produk Unggulan Daerah Riau. Jurnal Pengolahan Hasil Perikanan Indonesia (JPHPI), Vol 17 (2): 156-164.

Herlan. (2013). Beberapa Aspek Biologi Ikan Biang (Ilisha Elongata) Di Perairan Estuari Selat Panjang, Riau. Jurnal Fiseries II (1), 1-4.

IK, S. (2011). Pangan Fungsional dalam Kesehatan Ayurveda. Makalah disajikan pada Seminar Sehari dalam rangka Hari Ibu di Universitas Hindu Indonesia.

Innova, & M. I. (2014). Functional Foods: The True Fuctional of Foods. Foodreview.

M,A. (2011). Pangan Fungsional untuk Kesehatan yang Optimal. Fakultas Teknologi Pertanian IPB, Bogor.

Sumarto, Desmelati, Dahlia, & Karnila. (2021). Produksi dan Pengembangan Tepung Komposit Ikan Biang (Ilisha elongata) dan Sagu Terhadap Inovasi Teknologi Produk Pangan Fungsional. Laporan Penelitian Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Riau. Pekanbaru.

Sumarto, Desmelati, Dahlia, Suparmi, & Leksono. (2021). Program Kemitraan Alih Teknologi Produk Pangan Berbasis Tepung Komposit Sagu dan Ikan Biang (Ilisha elongata) di Selatpanjang Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau. Laporan Penelitian. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Riau. Pekanbaru

Downloads

Published

2023-04-04

How to Cite

Sumarto, S., Rahmatullah, A., Utami, A. W., Saragih, E. A. R., Anjani, F. C., Agustina, F. ., Raju, R., Adiguna, S., Azzuhra, S. D., Nari, P. P., & Amalia, N. I. . (2023). Penerapan Teknologi Inovasi Produksi Bumbu Penyedap Rasa Berbasis Ikan Biang (Ilisha elongata) Pengganti MSG di UMKM Kube “Dian Lestari”. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 4(2), 47-50. https://doi.org/10.31258/jruce.4.2.47-50

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)