Penerapan Pengelolaan Sampah dengan Konsep 3R dalam Mengurangi Limbah Rumah Tangga

Authors

  • Joleha Joleha Fakultas Teknik Universitas Riau
  • Elvy Yenie Fakultas Teknik Universitas Riau
  • Kurniawaty Fitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau
  • Muhammad Ikhsan Fakultas Teknik Universitas Riau
  • Muhammad Ilham Azmi Fakultas Teknik Universitas Riau
  • Audia Putri Ramadhani Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Rezqy Vidiannisa Valera Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Dido Fatika Sembiring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
  • Febby Nabila Lestari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
  • Jemerio Rifqi Amrullah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
  • Aisak Hana Putri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/jruce.4.2.72-77

Keywords:

Warga, Limbah, Pengelolaan

Abstract

Sampah merupakan material sisa hasil aktivitas manusia. Sampah terbagi menjadi dua yakni sampah organik dan sampah anorganik. Dalam hal ini sampah menjadi masalah yang dihadapi oleh warga RW 10 Kelurahan Rejosari. Permasalahan dari pengabdian ini adalah penerapan pengelolaan limbah rumah tangga yang belum tepat seperti jadwal pengambilan sampah yang tidak sesuai jadwal. Akibatnya sampah ditaruh ditempat terbuka dan dibiarkan membusuk dengan sendirinya. Penanganan sampah juga masih secara mandiri dengan melakukan pembakaran sampah pada masing-masing rumah. Dengan proses pembakaran yang menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan maupun secara langsung terhadap kesehatan masyarakat setempat. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan limbah rumah tangga. Metode yang dilakukan dalam pelaksanaannya adalah metode sosialisasi terhadap warga RW 10 Kelurahan Rejosari. Hasil yang dicapai adalah warga RW 10 Kelurahan Rejosari dapat menerapkan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari dan berbagai pengetahuan kepada warga kelurahan Rejosari lainnya terhadap pengelolaan limbah rumah tangga melalui konsep 3R (Reuse, Reduce and Recycle) sebagai bentuk pengelolaan dan penanggulangan sampah rumah tangga

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyo, S., Suryaningsih, M., Lestari, H. (2018). Analisis Strategi Pengelolaan Sampah Terpadu berbasis Masyarakat di Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 1(1).

Harmoni. (2019). Analisis strategi pengelolaan sampah terpadu berbasis masyarakat di Kota Semarang, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Hasibuan, R. (2016). Analisis dampak limbah/sampah rumah tangga terhadap pencemaran lingkungan hidup. Jurnal Ilmiah Advokasi, 4 (1), 42-52.

Rizal, M. (2011). Analisis Pengelolaan Persampahan Perkotaan (Studi kasus pada Kelurahan Boya Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala). Smartek, 9(2).

Sayekti, I, C., Desstya, A., Nurhandayani, F. B., & Bakhtiar, F, Y. (2020). Meminimalisasi Sampah Rumah Tangga melalui Komposter. Proceeding of The URECOL, 121-125.

Downloads

Published

2023-04-04

How to Cite

Joleha, J., Yenie, E. ., Fitri, K., Ikhsan, M., Azmi, M. I., Ramadhani, A. P., Valera, R. V., Sembiring, D. F., Lestari, F. N., Amrullah, J. R., & Putri, A. H. (2023). Penerapan Pengelolaan Sampah dengan Konsep 3R dalam Mengurangi Limbah Rumah Tangga. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 4(2), 72-77. https://doi.org/10.31258/jruce.4.2.72-77

Issue

Section

Articles