Peningkatan Jangkauan Pasar UMKM melalui Kegiatan Bazar di Desa Batu Ampar

Authors

  • Ilham Ilahi Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau Author
  • M. Febriansyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Riau Author
  • Salsa Pitu Legiana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Riau Author
  • Friska Serviska Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Riau Author
  • Ulti Nofita Fakultas Teknik, Universitas Riau Author
  • Willi Pratama Fakultas Teknik, Universitas Riau Author
  • Atika Nabila Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau Author
  • Indah Chiara Putri Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau Author
  • Daffa Reyhan Abiyyu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Riau Author
  • Rahma Abidah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Riau Author
  • Magdalena Triasya Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau Author

DOI:

https://doi.org/10.31258/jruce.6.1.41-44

Keywords:

Kukerta, UMKM, Bazar, Pemasaran dan Jangkauan Pasar

Abstract

Kuliah Kerja Nyata UNRI merupakan aktivitas pemberdayaan masyarakat yang dilakukan para mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). KUKERTA UNRI ini dilaksanakan mulai 15 Juli sampai 23 Agustus 2024 di Desa Batu Ampar Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir. Tidak bisa dipungkiri bahwa Desa Batu Ampar memiliki perekonomian yang perlu dikembangkan melalui Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan industri kreatif. Oleh karena itu diperlukan sarana untuk memperluas jangkauan pasar seperti diadakannya kegiatan bazar. Kegiatan bazar sebagai sarana sekaligus pemasaran bertujuan untuk meningkatkan jangkauan pasar dari pelaku UMKM. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah melalui pendekatan partisipatif dan memperlibatkan masyarakat dalam interaksi dan demontrasi kepada pelaku UMKM dan masyarakat Desa Batu Ampar. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan ini adalah meningkatkan UMKM masyarakat desa di Desa Batu Ampar dengan perluasan jangkauan pasar para pelaku UMKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fani, A.D., Mubarok, D.H., Fitroh, A., Lisdiani, G., & Hadisurya, D. (2024). Pemberdayaan dan pemasaran produk MKM melalui kegiatan bazar di Desa Ciamaragas Kabupaten Ciamis. Khidmat, 2(1): 67-79.

Hariyono, F.M., & Wikartika, I. (2023). Upaya Peningkatan jangkauan pasar UMKM melalui penyelenggaraan bazar ramadhan di Desa Ambulu. Karya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1): 322–327.

Raihano, K.D., & Pertiwi, T.K. (2024). Pengadaan bazar sebagai upaya meningkatkan perekonomian UMKM di RW 08 Gunung Anyar Tambak Kota Surabaya. Karya: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1): 26-30.

Syaharany, L., Anggraini, D., Kusumastuti, A.D., & Mutiasari, A.I. (2023). Pengadaan bazar sebagai upaya meningkatkan pendapatan usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) di Desa Sindon. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains dan Teknologi, 2(4): 67–73.

Widodo, S. (2010). Kuliah kerja nyata sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat yang berimplikasi pembentukan kompentensi sosial dan kepribadian mahasiswa. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(2): 1–18.

Downloads

Published

2024-12-03

Issue

Section

Articles

How to Cite

Peningkatan Jangkauan Pasar UMKM melalui Kegiatan Bazar di Desa Batu Ampar. (2024). Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 6(1), 41-44. https://doi.org/10.31258/jruce.6.1.41-44

Similar Articles

1-10 of 119

You may also start an advanced similarity search for this article.