Peningkatan Penghasilan Petani Melalui Budidaya Ikan Lele (Clarias sp) Kolam Terpal di Desa Oloboju, Kabupaten Sigi

Authors

  • Usy Nora Manurung Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Terbuka
  • Wijanarko Wijanarko Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Terbuka
  • Serli Mauru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Terbuka
  • Yakobus Paluru Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Terbuka
  • Yuyun Yunita Puspa Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Terbuka
  • Steviani Batti Fakultas Ekonomi, Universitas Terbuka
  • Melani Manurung Universitas Kristen Papua

DOI:

https://doi.org/10.31258/jruce.5.1.5-8

Keywords:

Budidaya Ikan, Kolam Terpal, Lele, Desa Oloboju

Abstract

Masyarakat sasaran program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berlokasi di Desa Oloboju Kecamatan Sigi Biromaru. Beberapa penduduk di Desa Oloboju adalah pengungsi korban likuifaksi/gempa yang terjadi pada tahun 2018, dimana mereka menumpang di lahan milik orang karena tidak memiliki tanah dan rumah. Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan penghasilan bagi petani melalui budidaya ikan lele (Clarias sp) menggunakan kolam terpal dipekarangan rumah.  Tim pengabdian telah melakukan kegiatan di Desa Oloboju sehingga artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pengabdian masyarakat dalam budidaya ikan lele di kolam terpal. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah survey, penyuluhan, praktek pemasangan terpal, diskusi, monitoring, dan evaluasi. Keterlaksanaan atau keberhasilan pengabdian didasarkan pada terpenuhinya indikator-indikator proses pengabdian. Hasil evaluasi menunjukan bahwa peserta antusias dalam mengikuti penyuluhan dan telah melaksanakan implementasi budidaya ikan lele di kolam terpal. Dapat disimpulkan bahwa pengabdian masyarakat telah diimplementasikan sesuai dengan rencana dimulai dari survey lokasi budidaya, pelaksanaan pengabdian, memberi bantuan berupa kolam terpal, benih ikan lele sebagai bentuk kontribusi untuk meningkatkan penghasilan pendapatan masyarakat di Desa Oloboju

Downloads

Download data is not yet available.

References

Herliani, H., Hidayat, M.I., Parwanto, P., Ramadhan, R. (2022). Pendampingan budidaya ikan nila dalam kolam terpal di Pondok Pesantren MU’Adalah Ala Gontoran -Najah Cindai Alus Tungkaran Martapura. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(7): 5441–5447.

Munir, M., Yusuf, M., Suwardana, H. (2020). Penguatan teknik budidaya ikan lele (Clarias sp) sistem kolam terpal berbasis penyuluhan dan pendampingan. Jurnal Abdi Mas TBP, 2(2): 21–26.

Nasrudin. (2010). Jurus sukses beternak lele. Agromedia.

Pratomo. (2015). Pengaruh strategi penyuluhan dan tingkat pendidikan terhadap kepedulian kesehatan lingkungan. Metodik Didaktik, 9(2): 34–48.

Raharjo, I., Supriadi, F., Gunarto, G. (2018). Pelatihan teknik pembuatan kolam terpal ramah lingkungan untuk produksi usaha perikanan budidaya di Desa Rasau Jaya Tiga. Al Khidmah, 1(1): 57–60.

Rosalina, D. (2014). Analisis kelayakan usaha budidaya ikan lele di kolam terpal di Desa Namang Kabupaten Bangka Tengah. Maspari Journal, 6(1): 20–24.

Shofari, M.F. (2021). Pengembangan usaha budidaya ikan lele (Clarias sp) dalam meningkatkan kualitas dan harga jual di masa pandemi covid 19 di Desa Nologaten Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur. Journal of Community Development and Disaster Management, 3(1): 25-32.

Sunarya, M., Tabroni, T., Masnun, M., Rahmawati, A.D., Febriansyah, D. (2021). Budidaya ikan nila menggunakan kolam terpal sebagai wadah dalam mendukung ketahanan pangan di Desa Sukamanah Kabupaten Pandeglang. Indonesian Collaboration Journal of Community Service, 1(4): 197–202.

Undang Undang No 31 tahun 2004. Tentang Perikanan

Downloads

Published

2023-10-03

How to Cite

Manurung, U. N., Wijanarko, W., Mauru, S., Paluru, Y., Puspa, Y. Y., Batti, S., & Manurung, M. (2023). Peningkatan Penghasilan Petani Melalui Budidaya Ikan Lele (Clarias sp) Kolam Terpal di Desa Oloboju, Kabupaten Sigi. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 5(1), 5-8. https://doi.org/10.31258/jruce.5.1.5-8

Issue

Section

Articles