Sosialisasi Sanitasi di SMP 2 Minas sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran dalam Perilaku Sanitasi di Sekolah

Authors

  • Benny Heltonika Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau
  • Adi Novendri Pradana Universitas Riau
  • Ahmad Zamzamir Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau
  • Barbie Yoppi Wandira Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau
  • Desy Ayu Fitriah Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Riau
  • Halifah Fauziyyah Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau
  • Juminah Juminah Fakultas Pertanian, Universitas Riau
  • Maikel Hayati Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Riau
  • Nur Aini Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau
  • Rahel Meriani Siringo Ringo Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/jruce.5.1.9-12

Keywords:

Kuliah Kerja Nyata, Sanitasi, SMPN 2 Minas

Abstract

Studi ini memiliki tujuan yang sangat penting dalam meningkatkan kesadaran dan perilaku sanitasi di SMP 2 Minas melalui program sosialisasi. Pengabdian ini menyoroti pentingnya pendekatan pendidikan dan sosialisasi dalam mempromosikan kesadaran sanitasi. Ini adalah langkah yang sangat bijak karena pendidikan dan sosialisasi adalah kunci untuk mengubah perilaku, terutama di lingkungan sekolah. Metode pengabdian yang digunakan adalah metode diskusi dengan melakukan pendekatan sosialisasi melalui pertemuan dengan siswa siswi di aula SMP 2 Minas. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi oleh perwakilan dari mahasiswa pengabdian dan selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan berdiskusi antara siswa siswi dan mahasiswa pengabdian. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam tingkat kesadaran sanitasi di kalangan siswa dan staf sekolah setelah implementasi program sosialisasi. Juga menunjukkan peningkatan dalam praktik sanitasi, termasuk penggunaan toilet yang benar, mencuci tangan dengan baik, dan pemeliharaan fasilitas sanitasi di sekolah. Selain meningkatkan kesadaran, hasil juga menunjukkan peningkatan dalam praktik sanitasi. Ini mencakup penggunaan toilet yang benar, mencuci tangan dengan baik, dan pemeliharaan fasilitas sanitasi di sekolah. Peningkatan praktik sanitasi ini sangat penting untuk mencegah penyebaran penyakit dan memastikan lingkungan yang lebih sehat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M.F. (2019). Sanitasi dan dampaknya bagi kesehatan. Jurnal masalah-masalah sosial, 10(1): 33 – 47.

Blum, H.L. (1974). Planning for health, development and aplication of social changes theory. New York: Human Sciences Press.

Diana, F.M., Susanti, F., Irfan, A. (2013). Pelaksanaan program perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di SD Negeri 001 Tanjung Balai Karimun. Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 8(1), 46- 51.

Hardiyanti, F., Madiastuti, M., Hermawati, E. (2019). Faktor- faktor yang berhubungan dengan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) pada siswa kelas 5 SDN Sugutamu Kota Depok. Jurnal Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar, 10(2).

Irwandi, S., Ufatin, N., Subtoni, S. (2016). Peran sekolah dalam menumbuhkembangkan perilaku hidup sehat pada siswa sekolah dasar (studi multi situs di SD Negeri 6 Mataram dan SD Negeri 41 Mataram Kota Mataram Nusa Tenggara Barat). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 492-498.

Sulistyowati, D. (2016). Hubungan tingkat pengetahuan dan sikap perawat tentang infeksi nosokomial (Inos) dengan perilaku pencegahan inos di Ruang Bedah RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Jurnal Keperawatan Global, 1(1): 31-35.

Zuliyanti, N.L. & Rachmawati, F. (2020). Pengaruh penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat terhadap praktik cuci tangan 6 Langkah Siswa SDN 2 Pangenrejo Purworejo. Jurnal Komunikasi Kesehatan, 11(1)

Downloads

Published

2023-10-03

How to Cite

Heltonika, B., Pradana, A. N., Zamzamir, A., Wandira, B. Y. ., Fitriah, D. A., Fauziyyah, H. ., Juminah, J., Hayati, M., Aini, N. ., & Siringo Ringo, R. M. . (2023). Sosialisasi Sanitasi di SMP 2 Minas sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran dalam Perilaku Sanitasi di Sekolah. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 5(1), 9-12. https://doi.org/10.31258/jruce.5.1.9-12

Issue

Section

Articles