Potensi Sumberdaya Pesisir dan Membangun Jiwa Masyarakat yang Peka (Produktif, Edukatif, Kooperatif, Adaptif) di Desa Bantan Sari

Authors

  • Elizal Elizal Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau
  • Muhammad Syahwandi Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Azrihaironi Azrihaironi Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Melysa Rahmanda Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Eka Ardiana Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Lovvia Wendy Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Amelia Risnauli br. Lumban Gaol Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Suci Raphita Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Dzaitul Masyurah Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Alda Nuriska Mahasiswa Kukerta Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/jruce.5.2.176-180

Keywords:

Pengabdian kepada Masyarakat, Sirup mangrove, UMKM

Abstract

Desa Bantan Sari mempunyai potensi di bidang perairan. Dimana kebanyakan masyarakat desa Bantan Sari mempunyai mata pencaharian nelayan dan berkebun. Hasil dari sektor perairan yang paling banyak adalah ikan-ikan yang didapat lalu dijual belikan. Hasil perikanan ini menjadi sumber pangan bagi masyarakat Bantan Sari sebagai pemenuhan gizi dari lauk-pauk. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah menambah pengetahuan masyarakat tentang potensi sumberdaya pesisir dan membangun jiwa masyarakat yang PEKA, meningkatkan hubungan antara mahasiswa dan masyarakat melalui keterlibatan langsung dalam masalah pengelolaan sumberdaya pesisir yang dihadapi masyarakat dan memberikan sumbangan pemikiran berdasarkan ilmu pengetahuan dalam masalah pengembangan sumberdaya pesisir bahwasannya pengolahan pesisir tidak hanya berupa ikan yang bisa diambil, tetapi salah satu tumbuhan bakau juga bisa dimanfaatkan untuk UMKM yaitu buah kedabu. Selain itu, membangun jiwa masyarakat yang pekerja keras, berpendidikan, saling membantu danĀ  adaptif. Sedangkan manfaat dari kegiatan ini adalah dapat menambah pengetahuan masyarakat tentang pengolahan buah kedabu yang akan menjadi sirup. Masyarakat yang menjadi sasaran dalam pengabdian yang kami lakukan adalah Warga Setempat, kelompok PKK, Kepala Desa, Pelajar, Guru dan anak-anak. Hal ini dikarenakan kami membuat program yang difokuskan kepada bidang pesisir untuk membangun UMKM desa serta bidang sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Laksono, F.A. (2021). Upaya kepolisian dalam mencegah pelabuhan tikus sebagai pintu masuk kejahatan (Studi Di Polsek Bantan Kabupaten Bengkalis). Universitas Islam Riau.

Sumiharyati, S., & Arikunto, S. (2019). Evaluasi program in-service training guru SMK di BLPT Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2): 160-173.

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Elizal, E., Syahwandi, M. ., Azrihaironi, A., Rahmanda, M., Ardiana, E., Wendy, L., Gaol, A. R. br. L., Raphita, S., Masyurah, D., & Nuriska, A. (2024). Potensi Sumberdaya Pesisir dan Membangun Jiwa Masyarakat yang Peka (Produktif, Edukatif, Kooperatif, Adaptif) di Desa Bantan Sari. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 5(2), 176-180. https://doi.org/10.31258/jruce.5.2.176-180

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)