Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau pada Bidang Pendidikan di Desa Muntai Barat

Authors

  • Elizal Elizal Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Ade Ferdinus Sinaga Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Desra Agus Surya Saragih Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Ghina Juliamanda Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Mona Uli Hutabarat Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Rizky Nur Ibad Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Sutrisno Panjaitan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Everson Manik Fakultas Teknik Universitas Riau
  • Syazliana Nuro Fakultas Teknik Universitas Riau
  • Astrid Kusuma Ningrum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau

Keywords:

Pendidikan, Muntai Barat, Pengajaran, Pengabdian kepada masyarakat

Abstract

Desa Muntai Barat terletak di pesisir pantai Selat Malaka, berjarak 45 km dari Ibu Kota Kabupaten Bengkalis dan memiliki iklim tropis. Kondisi sosial masyarakat tercermin dalam keaktifan komunitas lokal dalam kegiatan gotong-royong dan kegiatan keagamaan. Penelitian ini mengeksplorasi dampak peran mahasiswa Universitas Riau yang mengikuti Program Pengabdian kepada Masyarakat (KKN) di bidang pendidikan Desa Muntai Barat. Lokasi desa yang terpencil menimbulkan tantangan terhadap kualitas pendidikan, termasuk terbatasnya sumber daya, fasilitas yang tidak memadai, dan kurangnya guru yang berkualitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dengan cara mengumpulkan data dan mencari informasi dengan cara observasi langsung ke sekolah-sekolah di Desa Muntai Barat. Dari kegiatan tersebut mencapai kemajuan positif dalam meningkatkan keterampilan siswa, mengatasi masalah pendidikan, dan menyediakan bimbingan belajar gratis. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak masih menjadi kebutuhan yang mendesak. Melalui upaya kolaboratif dan pendekatan yang disesuaikan, program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan dampak positif pada lanskap pendidikan Desa Muntai Barat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nasution, I.S., Batubara, I.H., & Sriwahyuni. (2020). Pelatihan dan pendampingan penggunaan software geogebra bagi guru SMP Muhammadiyah Kota Medan. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2): 116–120.

Suryaningsih, S. (2023). komunikasi efektif pengajar di rumah baca kampung cerdas dalam membangun motivasi belajar (Studi kasus RW 003 Desa Berancah). SNHRP, 5: 2170-2176.

Syaputra, R., & Budiman, A. (2021). Pengembangan sistem pembelajaran dalam jaringan (Studi Kasus: SMAN 1 Gedong Tataan). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 2(3): 89–101.

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Elizal, E., Sinaga, A. F., Saragih, D. A. S., Juliamanda, G. ., Hutabarat, M. U., Ibad, R. N., Panjaitan, S., Manik, E., Nuro, S., & Ningrum, A. K. (2024). Peran Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Riau pada Bidang Pendidikan di Desa Muntai Barat. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 5(2), 123-126. Retrieved from https://jruce.ejournal.unri.ac.id/index.php/jruce/article/view/128

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)