Penyuluhan Pencegahan Stunting Melalui Pemberian Makanan Tambahan (PMT) oleh Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Universitas Riau kepada Ibu Hamil di Desa Petapahan Jaya Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar 2023

Authors

  • Bunga Chintia Utami Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Riau
  • Ricky Seven Octo Waruwu Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Cilmarolixs M Tampubolon Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Ananda Yulia Putri Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Reka Ruzalia Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Christinawati Br Pakpahan Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Rena Melina Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Ananda Rezki Safrina Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Yuniza Dwi Zelpia Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Heny Indriyani Mahasiswa Kukerta Universitas Riau
  • Sasmita Syaharani Mahasiswa Kukerta Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/jruce.5.1.80-83

Keywords:

Gizi, Pertumbuhan, Pencegahan

Abstract

Stunting merupakan kondisi yang ditandai dengan kurangnya tinggi badan anak apabila dibandingkan anak-anak seusianya, Penyebab utama dari stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak. Pencegahan stunting mulai dari awal kehamilan agar dapat menurunkan potensi stunting pada anak. Kejadian stunting dapat terjadi pada masa kehamilan dikarenakan asupan gizi yang kurang saat hamil, pola makan yang tidak sesuai, serta kualitas makanan yang rendah yang mengakibatkan terhambatnya pertumbuhan. Perilaku ibu hamil dalam mencegah stunting pada balita di wilayah kerja Puskesmas Kasih Bunda 1 Desa Petapahan Jaya Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar. Tujuan pelaksanaan kegiatan adalah untuk meningkatkan pengetahuan para ibu dalam upaya pencegahan stunting. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode survei, wawancara,dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah Ibu Hamil mendapatkan pengetahuan tentang stunting sehingga diharapkan dapat mengurangi  populasi stunting di Desa Petapahan Jaya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Archda, R., & Tumangger, J. (2019). Hulu-hilir penanggulangan stunting di Indonesia. Jurnal of Political Issues, 1(1): 1-9.

Choliq, I., Nasrullah, D., Mundakir, M. (2020). Pencegahan stunting di Medokan Semampir Surabaya melalui modifikasi makanan pada anak. Humanism: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 31-40.

Hamzah, B. (2020). Gerakan pencegahan stunting melalui edukasi pada masyarakat di Desa Muntoi Kabupaten Bolaang Mongondow. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 1(4): 229-235.

Hermawan, D.J., & Hermanto, H. (2020). Pentingnya pola asuh anak dalam pebaikan gizi untuk mencegah stunting sejak dini di Desa Brumbungan Lor Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Jurnal Abdi Panca Marga, 1(1): 6-9.

Ningrum, N. P., Hidayatunnikmah, N., & Rihardini, T. (2020). Cegah stunting sejak dini dengan makanan bergizi untuk ibu hamil. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(4): 550-555.

Wardana, A.K., & Astuti, I.W. (2019). Penyuluhan pencegahan stunting pada anak. Jurnal Berdaya Mandiri, 1(2): 170-176

Downloads

Published

2023-10-09

How to Cite

Utami, B. C., Waruwu, R. S. O., Tampubolon, C. M., Putri, A. Y. ., Ruzalia, R., Pakpahan, C. B., Melina, R., Safrina, A. R., Zelpia, Y. D., Indriyani, H., & Syaharani, S. (2023). Penyuluhan Pencegahan Stunting Melalui Pemberian Makanan Tambahan (PMT) oleh Kuliah Kerja Nyata (KUKERTA) Universitas Riau kepada Ibu Hamil di Desa Petapahan Jaya Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar 2023. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 5(1), 80-83. https://doi.org/10.31258/jruce.5.1.80-83

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.