Edukasi Stunting Melalui Program Kerja Unggulan Kukerta Unri di Desa Kesumbo Ampai Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis

Authors

  • Irvina Nurrachmi Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau
  • Aden Aden Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
  • Gabriella Dameria Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
  • Resti Nurvana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
  • Salsabila Izzati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
  • Nadila Putri Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau
  • Natalia Widya Sari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau
  • Sri Dewi Lestari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau
  • Yuda Fadillah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau
  • Nabila Shelviyanti Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Riau
  • Nanda Rahman Fakultas Hukum Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/jruce.5.2.118-122

Keywords:

Edukasi, Stunting, Program kerja unggulan, Agen perubahan

Abstract

Stunting telah menjadi masalah kesehatan utama dan prioritas utama di Indonesia. Stunting merupakan salah satu bentuk kekurangan gizi kronis yang menyebabkan pertumbuhan anak lebih pendek dari usianya sehingga mengakibatkan kegagalan tumbuh dan berkembang pada anak balita (bayi bawah lima tahun). Mahasiswa sebagai agen perubahan dalam menjalankan pengabdiannya melaksanakan edukasi stunting melalui program kerja unggulan Kukerta Unri di Desa Kesumbo Ampai, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengedukasi masyarakat mengenai stunting dan pencegahan terhadap hal-hal yang akan berdampak pada stunting. Hasil dari penyuluhan ini menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat mengenai stunting masih minim sehingga perlu adanya cakupan, jangkauan dan perhatian yang lebih luas pada desa. Untuk itu diharapkan pemerintah memberikan pelatihan khusus kepada kader posyandu agar dapat menjadi mata rantai penyuluhan menuju target posyandu itu sendiri yaitu mewujudkan desa bebas stunting.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asrika, D., Novi, T., & Kumalasari, D. (2019). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian stunting pada balita 24-36 bulan di wilayah kerja UPT Puskesmas Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Wellness and Healthy Magazine.

Dasman, H. (2019). Empat dampak stunting bagi anak dan negara Indonesia. The Conversation.

Herawati, B.C., Soraya, S., & Rahmiati, B.F. (2019). Peran posyandu dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Dusun Suwangi Selatan Desa Suwangi Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(1): 80–88

Nugraheni, N., & Malik, A. (2023). Peran kader posyandu dalam mencegah kasus stunting di Kelurahan Ngijo. Lifelong Education Journal, 3(1): 83–92.

Rahmayana, I., Ibrahim, D., & Damayati, D. (2014). Hubungan pola asuh ibu dengan kejadian stunting anak usia 24-59 bulan di Posyandu Asoka II wilayah pesisir Kelurahan Barombong Kecamatan Tamalate kota Makassar tahun 2014. Public Health Science Journal.

Sandjojo, S. (2017). Buku saku desa dalam penanganan stunting. Jakarta. Kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi.

Susanti, E. (2018). Peran posyandu dalam pelayanan kesehatan masyarakat. Jurnal Media Kesehatan, 10(1): 058–070.

Wardah, R., & Reynaldi, F. (2022). Peran posyandu dalam menangani stunting di Desa Aringan Kecamatan Kuala Pesisir Kabupaten Nagan Raya. Jurnal Biologi Education, 10(1): 65–77.

Yadika, A.D.N., Berawi, K.N., & Nasution, S.H. (2019). Pengaruh stunting terhadap perkembangan kognitif dan prestasi belajar. Jurnal Majority, 8(2): 273-282

Downloads

Published

2024-04-01

How to Cite

Nurrachmi, I., Aden, A., Dameria, G., Nurvana, R., Izzati, S., Putri, N., Sari, N. W., Lestari, S. D., Fadillah, Y., Shelviyanti, N., & Rahman, N. (2024). Edukasi Stunting Melalui Program Kerja Unggulan Kukerta Unri di Desa Kesumbo Ampai Kecamatan Bathin Solapan Kabupaten Bengkalis. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 5(2), 118-122. https://doi.org/10.31258/jruce.5.2.118-122

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)