Diversifikasi Produk Olahan Berbasis Ikan Patin sebagai Produk Unggulan BUMDES di Desa Sungai Sorik Kabupaten Kuantan Singingi

Authors

  • Dewita Dewita Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Thamrin Thamrin Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Sukendi Sukendi Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Syahrul Syahrul Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau
  • Santhy Wisuda Sidauruk Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/jruce.4.1.1-4

Keywords:

Diversifikasi, BUMDES, Desa Sei. Sorik, Kabupaten Kuantan Singingi

Abstract

Desa Sungai Sorik merupakan salah satu desa di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Di desa ini terdapat sebuah Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang beranggotakan kaum muda perempuan yang mengelola Danau Wisata Sungai Sorik. Danau Wisata ini ramai di kunjungi warga sekitar kecamatan dan bahkan warga kecamatan lain baik dari kabupaten Kuansing maupun kabupaten tetangga yaitu kabupaten INHU (Rengat). Wisata kuliner merupakan suatu usaha inovatif untuk mendukung aktivitas wisata yang menyediakan makanan unggulan sebagai daya tarik bagi wisatawan. Untuk itu untuk memproduksi makanan jajanan kaya protein adalah produk nugget kaki naga dan otak-otak berbahan baku ikan, khususnya ikan patin. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Desa Sungai Sorik tersebut adalah mengembangkan BUMDES memproduksi makanan jajanan kaya protein sebagai wujud ekonomi kreatif yang dilakuan dengan cara membuat varian cita rasa produk makanan jajanan. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam pengembangan BUMDES adalah cita rasa baru pada produk makanan jajanan berbasis ikan. Berdasarkan minat konsumen terhadap produk varian rasa yang dihasilkan, ternyata semua varian yang diproduksi disukai konsumen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, O., Apriliani, D.A., Khairi, K., & Nurhayati. (2020). Efektivitas Penambahan Asam Cuka (CH3COOH) dengan Dosis yang Berbeda pada Lokan/Kijing (Pilsbryoconcha sp) Crispy. Jurnal TILAPIA, 1 (1): 20-25.

Ags, D. W., & Nurhayati, N. (2017). Daya terima dan kandungan mutu bakso ikan kambing-kambing (Abalistes stellaris) dengan penambahan asap cair dan simpan pada suhu dingin. Acta Aquatica: Aquatic Sciences Journal, 4 (2): 59-62.

Dewita, Syahrul, & Loekman, S. (2017). Alih Teknologi melalui pelatihan pembuatan Bakso Bakar di Desa Sungai Sikijang Kabupaten Pelalawan. Laporan. LPPM Universitas Riau.

Dewita, Syahrul, & Sukmiwati, M. (2018). Alih Teknologi melalui pelatihan pembuatan Bakso Krispi di Desa Sungai Pinang Kabupaten Kampar. Laporan. LPPM Universitas Riau.

Dewita, Syahrul, & Suparmi. (2019). Alih Teknologi melalui pelatihan pembuatan Snack ikan dan mie sagu dan ikan di Desa Sungai Paku Kabupaten Kampar. Laporan. LPPM Universitas Riau

Downloads

Published

2022-10-09

How to Cite

Dewita, D., Thamrin, T., Sukendi, S., Syahrul, S., & Sidauruk, S. W. (2022). Diversifikasi Produk Olahan Berbasis Ikan Patin sebagai Produk Unggulan BUMDES di Desa Sungai Sorik Kabupaten Kuantan Singingi. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 4(1), 1-4. https://doi.org/10.31258/jruce.4.1.1-4

Most read articles by the same author(s)