Pemberdayaan Pokdarwis Kualo Singolan dalam Pengembangan Wisata Budaya Desa Kuok Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar

Authors

  • Trisla Warningsih Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau
  • Kusai Kusai Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau
  • Andarini Diharmi Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau
  • Tince Sofyani Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau
  • Nuraini Nuraini Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau
  • Syarkawi Syarkawi Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31258/jruce.5.1.95-100

Keywords:

Pemberdayaan, Wisata Budaya, Desa Kuok

Abstract

Desa Kuok adalah desa yang berada di Kecamatan Kuok, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Desa Kuok memiliki julukan sebagai "desa wisata" karena desa ini memiliki keunikan tersendiri yang dapat menarik banyak orang untuk berkunjung. Julukan desa wisata juga dikarenakan banyaknya atraksi-atraksi budaya di daerah tersebut yang masih dipertahankan oleh penduduknya hingga saat ini. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk menjadikan Desa Kuok sebagai desa yang memiliki destinasi wisata budaya yang lebih dikenal dan disukai oleh banyak orang. Kegiatan pengabdian ini didukung dengan kontribusi Pokdarwis terhadap pengembangan wisata budaya dengan memperkenalkan atraksi-atraksi budaya kepada generasi muda. Kegiatan yang dilakukan oleh Pokdarwis untuk menjaga kelestarian budaya adalah melalui pertunjukan budaya atau sering disebut sebagai festival. Pokdarwis juga berperan dalam pengembangan masyarakat dan pelestarian budaya untuk menjadikan Desa Kuok destinasi yang lebih diminati oleh banyak orang. Hal ini didukung oleh kekayaan alam dan keindahan Desa Kuok, serta adanya destinasi agrowisata. Dari pengabdian ini diharapkan masyarakat dapat berkolaborasi dengan Pokdarwis untuk menjadikan Desa Kuok sebagai destinasi wisata yang lebih berkembang serta membantu meningkatkan kreatifitas dan perekonomian masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakti, I., Sumartias, S., Damayanti, T., Nugraha. (2018). Pengembangan model komunikasi pariwisata berbasis kearifan lokal di kawasan Geopark Pangandaran. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(2): 217.

Bungin, B. (2015). Komunikasi pariwisata pemasaran dan brand destinasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Dinas Pariwisata Provinsi Riau. (2021). Desa wisata Pulau Belimbing. https://jemari.riau.go.id/objek-wisata/desawisata-pulau-belimbing, diakses pada Jumat, 02 Desember 2022 pukul 10.30 WIB.

Lundberg, E. (2017). The importance of tourism impacts for different local resident groups: A Case study of a Swedish seaside destination. . Journal of Destination Marketing and Management, 6(1): 46–55.

Putri, F.A., & Adinia, N.C. (2018). The role of communication in sustainable development tourism: a case study on community-based tourism (pokdarwis) in Nglanggera Village . Jurnal Komunikasi Indonesia, 7(2): 153–161.

Rahmat, A., Komariah, K., & Setiawan, W. (2019). Komunikasi dan dukungan sosial di lingkungan masyarakat terdampak pembangunan Waduk Jatigede Sumedang. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1): 110.

Ridlwan, M.A., Muchsin, S., Hayat, H. (2017). Model pengembangan ekowisata dalam upaya pemberdayaan masyarakat lokal. politik Indonesia, Indonesian Political Science Review, 2(2): 141.

Subiyantoro, S. (2011). Rumah Tradisional joglo dalam estetika tradisi Jawa. Jurnal Bahasa dan Seni, 39 (1): 68-78.

Yasir., Nurjanah., Salam, N.E., Yohana, N. (2019). Kebijakan komunikasi dalam membangun destinasi dan masyarakat sadar wisata di kabupaten bengkalis. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 424–443.

Yasir. (2021). Komunikasi pariwisata dalam pengembangan destinasi wisata di Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Jurnal Kajian Komunikasi, 9(1): 108-120.

Yunus, M. (2013). Tradisi Basiacuong dalam masyarakat adat Limo Koto Kampar. Menara, 12 (2): 92-114

Downloads

Published

2023-10-09

How to Cite

Warningsih, T., Kusai, K., Diharmi, A., Sofyani, T. ., Nuraini, N., & Syarkawi, S. (2023). Pemberdayaan Pokdarwis Kualo Singolan dalam Pengembangan Wisata Budaya Desa Kuok Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Journal of Rural and Urban Community Empowerment, 5(1), 95-100. https://doi.org/10.31258/jruce.5.1.95-100

Issue

Section

Articles